Agustina Susi Utami

Agustina Susi Utami adalah nama pemberian bapakku yang berasal dari Pamekasan-salah satu kota di pulau Madura dan ibukku yang berasal dari Madiun yang terkenal ...

Selengkapnya
Navigasi Web
TUTOR SEBAYA

TUTOR SEBAYA

Liburan semester dua ini berbeda dengan sebelumnya. Biasanya kegiatan setelah pembagian rapor, bapak ibu guru sibuk menyiapkan perangkat pembelajaran tahun yang akan datang. Sedangkan tahun ini, tidak hanya menyusun perangkat pembelajaran. Beberapa teman yang mempunyai pengetahuan atau pun pengalaman tanpa diminta,  meminta ijin agar bisa berbagi dengan sesama teman sebayanya. Mulai dari penyusunan modul dan RPP 1 lembar, sampai berbagi tentang pengetahuan IT dan cara penerapannya.

Dan pada minggu ini giliran bapak guru yang mengajarkan Seni Budaya yang bernama pak Untung dengan sabar membagikan ilmunya tentang penggunaan office 365.  Beliau mengajarkan kepada bapak/ ibu guru selangkah demi selangkah. Maklum sebagian besar gurunya sudah berusia 'seksi' sekitar 'seket siji' (lima puluh satu tahun). Pertama beliau mengajarkan 'teems", di saat itu bapak ibu guru diajarkan cara membuat kelas maya, membuat vicon, dan mengikuti vicon.  Ternyata semuanya antusias, termasuk tiga guru kami yang akan purna di bulan Oktober. Tidak terasa tiba-tiba adzan Dhuhur terdengar, akhirnya semua beristirahat dan melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah di masjid sekolah. Setelah istirahat sejenak, bapak ibu guru masih antusias menyelesaikan pelatihan itu. Alhamdulillah  pada saat itu semua bapak/ ibu guru juga telah menyelesaikan tugas tagihannya, sehingga tidak ada PR.

Keesokan harinya materi yang diberikan adalah Ms Forms, Ms Sway, MsPower point. Untuk pelatihan Ms Form bapak/ ibu guru sudah pernah belajar. Sehingga pada saat itu pelatihannya hanya merefresh agar lebih menguasai lagi. Kepada teman-teman diingatkan ada  new forms dan new quis. Dan guru-guru ditugasi untuk membuat soal-soal di new quiz, syaratnya soalnya harus beraneka bentuk. Soal harus berbentuk Pilihan Ganda, Isian, soal tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, tetapi harus juga ada gambarnya. Namun apa yang terjadi? Entah karena konsentrasi atau apa , akhirnya ada juga yang membuat soal di new form. Ketahuannya salah adalah ketika hendak mengisi points di layar lap top tidak muncul. Kejadian-kejadian seperti itu membuat suasana pembelajaran menjadi lebih hidup. Setelah selesai pelatihan dilanjutkan dengan membuat Sway. Pak Untung menjelaskan bahwa Sway mirip dengan PPT, namun dengan sway kita bisa membuat soal-soal dan penilaiannya jadi satu  di dalam Sway tersebut. Untuk soal-soal ditulis di forms new quiz. Dan hasil penyusunan tadi dimanfaatkan untuk pembuatan sway dengan soal-soal tersebut. Pelatihan ini memberikan pengalaman baru. 

Setelah itu, kami mempelajari PPT office. Dengan tidak sabar peserta latihan menanyakan beda PPT manual, dan PPT office. Akhirnya beliau menjelaskan jika PPT office harus menggunakan internet, sementara yang biasanya tanpa internet. Yang kedua tampilan slidenya lebih menarik. Pak Untung menjelaskan bahwa untuk back ground PPt bisa diambil dari gambar yang sudah ada dengan cara klik Desainer, atau bisa dengan cara browsing. Setelah paham semuanya , seperti biasanya ada tugas yang harus dilaporkan ke pak Untung melalui kelas maya pak Untung. Dengan telaten beliau mengajarkan bagaimana cara melaporkan tugas ke kelas maya kepada peserta. Setelah bapak/ ibu guru menyelesaikan tugas, beliau mengecek satu persatu apakan tugas sudah masuk ke kelas mayanya. Jika sudah langsung dinilai juga dengan "tools" yang ada di layar laptop. Ternyata apa yang dilakukan oleh pak Untung membuat antusias bapak/ ibu guru. Mereka ingin tahu agar tygasnya dicek satu persatu, apakan tugasnya sudah benar dan sudah masuk ke kelas maya.

Pelatihan yang disampaikan oleh pak Untung sangat menarik. Bapak/ ibu guru masih menunggu-nunggu lagi materi apa yang akan diberikan oleh pak Untung, karena latihan kurang satu kali lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu.. Salam literasi

04 Jul
Balas

Terima kasih .... Salam Literasi

04 Jul

Keren, bunda!

04 Jul
Balas

Terima kasih

04 Jul

Pake yg berbayar atau yg free bu? Maaf tanya bu.

05 Jul
Balas

Yang free pak.

08 Sep



search

New Post